BAPUSIP PROVINSI BALI GELAR YADNYA PECARUAN

Senin, 19 Desember 2016

Yadnya pecaruan digelar terkait dengan perpindahan dan menempati gedung baru yang beralamat di Jalan D.I. Panjaitan No. 5 Niti Mandala, Renon Denpasar. Oleh karena itu yadnya pecaruan dilaksanakan di tempat ini pada hari Jumat (16/12) bertepatan dengan hari raya kajeng kliwon.

Upacara yadnya dipuput oleh Ida Pedanda Gede Made Karang dari Geria Karang Tampak Gangsul dengan tujuan untuk mohon kerahayuan dan keselamatan dalam melaksanakan tugas kehadapan Ida Sanghyang Widi Wasa. Selain itu juga bertujuan untuk mengembalikan dan menetralkan suasana lingkungan dari pengaruh kurang baik akibat gedung yang akan ditempati lama tidak digunakan.

Pelaksanaan yadnya diiringi dengan tetabuhan gong dan pesantian oleh pegawai Bapusip Provinsi Bali. Menjelang berakhirnya rangkaian yadnya pecaruan dilaksanakan persembahyangan bersama.

Saat pelaksanaan yadnya dihadiri oleh Sekda Provinsi Bali, Cokorda Ngurah Pemayun, SH.,MH beserta beberapa pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali. Dalam kunjungannya Sekda dan pejabat lainnya meninjau ruang-ruang layanan perpustakaan yang baru ditempati.

Setelah melihat keadaan Sekda sangat mengapresiasi terhadap langkah dan kinerja Badan Perpustakaan Dan Arsip Provinsi Bali dalam menata dan menjaga koleksi buku yang ada sehingga tetap dalam keadaan baik dan rapi walaupun ruangan yang tersedia agak sempit.

Di sisi lain ketika Kepala Bapusip Provinsi Bali, Luh Putu Haryani, SE., MM melaporkan bahwa Bapusip Provinsi Bali memiliki alat untuk membaca lontar, Bapak Sekda sangat antusias dan berharap agar alat yang dimiliki dipergunakan dan dipelihara dengan baik. Selanjutnya juga diharapkan alat tersebut dipergunakan oleh yang benar-benar tahu tentang huruf dan membaca huruf Bali. Setelah melakukan peninjauan kemudian Sekda meninggalkan Bapusip Provinsi Bali.(Humas)