KUNJUNGAN SMK 1 GIANYAR KE BAPUSIP PROVINSI BALI

Senin, 05 Desember 2016

Kunjungan SMK 1 Gianyar Jurusan Perkantoran ke Badan Perpustakaan Dan Arsip (BAPUSIP) Provinsi Bali, Jalan D.I. Panjaitan No. 4 Denpasar pada hari Jumat (2/12) berjumlah 90 orang dengan lima orang guru pendamping.

Kehadiran rombongan siswa yang beralamat di Jalan Mulawarman, Gianyar yang dipimpin oleh Dra. Saodah diterima Sekretaris Badan, I Gusti Bagus Wiryanata didampingi arsiparis senior, Ida Bagus Suarta mewakili Kepala Badan di ruang pertemuan kantor setempat mengatakan masalah kearsipan merupakan hal yang sangat penting diperhatikan karena merupakan bukti otentik tentang suatu hal atau kejadian.

Bukti baik berupa karya rekam maupun tulisan hendaknya dijaga dengan baik dan dilestarikan mengingat arsip itu tercipta hanya sekali saja dan sangat berguna di kemudian hari. Bagi anak-anak terutama jurusan perkantoran sangat penting mengetahui proses mulai dari penciptaan arsip, cara melestarikan sampai cara memusnahkannya.

Ini sesuai dengan yang dikatakan oleh ketua rombongan, Dra. Saodah bahwa tujuan kunjungannya adalah untuk melihat secara langsung proses kearsipan mulai dari penciptaan arsip sampai dengan pemusnahan. Dengan mengetahui proses tersebut diharapkan anak didiknya mampu menerapkan teori yang diperolehnya itu di dalam dunia kerja.

Seusai diterima di ruang pertemuan anak-anak diantar oleh arsiparis untuk melihat-lihat arsip yang ada sambil memberikan penjelasan. Bila ada hal kurang jelas anak-anak dipersilahkan untuk bertanya. Setelah itu rombongan berpamitan untuk pergi melanjutkan perjalanan. (Humas)