RAPAT LANJUTAN PEMUSNAHAN ARSIP

Rabu, 17 Februari 2016

Rapat lanjutan pemusnahan arsip digelar di ruang rapat Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali, Jalan D.I. Panjaitan No. 4 Renon, Denpasar pada Rabu (17/2) dihadiri oleh Tim Pemusnah Arsip, Biro Hukum, Inspektorat, Bagian Kearsipan dari Universitas Udayana, serta pemilik arsip dari Dinas Pendidikan  Provinsi Bali dan Dinas Pendapatan Provinsi Bali.

Rapat digelar bertujuan untuk mengkoordinasikan hasil kerja Tim Pemusnah Arsip dengan pemilik arsip agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal. Selain itu juga untuk mendapat masukan-masukan dari peserta rapat lainnya guna memastikan hasil penelitian arsip yang akan dimusnahkan.

Kepala Bidang Pengelolaan dan Layanan Kearsipan, Cok Istri Mas Rumitni, SE., M.Si saat memimpin rapat mewakili Kepala Badan mengatakan penilaian arsip telah dilakukan oleh Tim dengan baik dan langkah selanjutnya diserahkan kepada pemilik arsip untuk ikut menilai arsip-arsip mana yang perlu dipertahankan dan yang disetujui untuk dimusnahkan. Lebih lanjut Rumitni mengatakan terkait dengan kearsipan setiap SKPD sebagai pencipta arsip semestinya menyusun JRA Kearsipan dan arsip yang diserahkan untuk disimpan di Badan Perpustakaan dan Arsip hanyalah arsip statis.

Dalam pembahasan pihak Dinas Pendidikan menyampaikan beberapa masalah arsip yang perlu diperhatikan dan ditinjau kembali terutama arsip keuangan dan pendirian sekolah-sekolah. Dipihak lain Dinas Pendapatan juga menyampaikan hal yang sama terutama arsip bukti-bukti pajak.

Untuk memastikan arsip-arsip yang mana perlu dimusnahkan dan dipertahankan menurut saran dari Biro Humas agar secepatnya dikoordinasikan dengan pihak pimpinan masing-masing dan dibuatkan rekomendasi untuk pertanggungjawaban dan kenyamanan semua pihak. Hal yang sama disampaikan oleh Inspektorat untuk menjaga permasahan yang timbul dikemudian hari sangat perlu rekomendasi dari masing-masing pimpinan SKPD yang arsipnya dimusnahkan.(Humas)